Jun 1, 2012

Perjalanan Depok-Fatmawati

Jadi ceritanya hari ini gue pulang naik Deborah, kebanyakan anak UI pasti taulah bus warna janda yang punya panggilan sayang "Debby". Bus jurusan Depok-Lebak Bulus yang waktu nunggunya lebih lama dibandingan waktu sekali jalan dari ujung ke ujung -___-



Karena bus ini jalannya melewati tol otomatis ongkos yang diperlukan lebih banyak dibandingkan naik bus lain macam kopaja atau metromini. Buat debby AC sekali jalan 6k dan debby biasa 4k. Gue rasa sih harga tersebut sepadan dengan minimnya jumlah bus dan lamanya waktu sekali jalan tersebut apalagi karena naik tol ga ada lagi dong penumpang yang naik sepanjang jalan dari masuk tol...

Kebetulan gue selalu menggunakan debby biasa karena gue turun di fatmawati dan debby AC ga turun di tol fatmawati. Sialnya gue ga kebagian tempat duduk -__- daaaas mana lenteng agung macet pake banjeeeet terpaksalah gue diri dengan masang muka stay cool dan seakan-akan gue emang sering berdiri. Setelah perjalanan yang panjang akhirnya bus memasuki pintu tol dan emang isi bus semakin penuh tapi ga penuh-penuh bangetlah kira2 selevel pepes jamur.

Ada satu kebiasaan kenek debby yang gue tahu setelah sekitar 2 tahun mengarungi kehidupan penuh keringat dan bau-bau orang di debby yang penuh sesak. Biasanya kenek-kenek tersebut mintain ongkos ke penumpang yang duduk setelah semua kursi penuh dan baru mintain ongkos ke penumpang yang diri setelah masuk pintu tol. Dan gue sejujurnya takjub dengan skill para kenek nyerusuk2 di antara penumpang dan mengatur dirinya penumpang saat level kepadatan debby sudah mencapai level lontong. Oke gue ngelantur, kembali ke topik awal -__-

Setelah debby masuk tol, seperti biasa si bapak kenek mulai mintain ongkos ke penumpang yang berdiri. Semuanya berjalan normal seperti biasa hingga gue yang lagi melihat-lihat gedung2 melalui jendela sedikit kaget karena adanya dialog yang kira-kira seperti ini

kenek malang : 4 ribu bu!
ibu-ibu nyolot : apaan? biasanya juga 2 ribu!
kenek malang : kalo bus ini 4ribu bu...
ibu-ibu nyolot : ngak! saya naiknya dari lenteng agung bukan  depok! lagian juga saya kenal supirnya (bla bla bla bla *gue ga tau dia ngomong apa ampe nyerocos panjang lebar*)....
kenek malang : iya bu iya terserah deh
ibu-ibu nyolot : *masih nyerocos pdhl keneknya udah iya2*

Gue sebenernya ga liat kejadiannya karena terhalang kepala-kepala penumpang lain tapi gue denger jelas percakapan mereka. Lalu gue adalah emosi. Entah apakah karena gue ngiri si ibu cuman bayar 2k, entah apakah karena gue mengerti susahnya cari uang, atau apakah karena gue udah sehati ama kenek-kenek dan supir-supir yang udah menemani gue kuliah selama 2 tahun ini yang pasti gue emosi ama si ibu-ibu nyolot dan  kasian ama si kenek yang terintimidasi di teritorial kekuasaannya sendiri.

Kalo si ibu karena kenal ama si supir dia bisa bayar 2k doang jadi mungkin kalo gue kenal ama kedubes korea bisa dong gue bikin visa setengah harga? atau kalo gue kenal mas2 tukang minum di kansas bisa dong gue beli teh botol dengan harga 2,5k?

Lalu kemudian gue teringat dengan sosok nyokap gue, nyokap gue juga termasuk orang yang entah dari mana tau-tau kenal ama sopir-sopir angkot sekitar rumah gue. Tapi seinget gue nyokap gue itu ga pernah ga bayar ataupun bayar setengah harga kalo kebetulan naik angkot supir yang dia kenal, malah terkadang supir itu sendiri yang nyuruh nyokap gue ga bayar dan tau-tau nyokap gue malah bayar uang lebih terus lari turun dari angkot ^^

Gue sebenernya ga ngerti kenapa bisa seekstreem itu perbedaan antara nyokap gue dengan ibu-ibu nyolot tadi. Apakah karena nyokap gue orang Jawa jadi ga enakan? Apakah karena mungkin si Ibu-ibu tersebut emang kondisi keuangannya parah sekali? Ataukan mungkin si supir ngontrak di kontarakan ibu-ibu tadi dan belum bayar uang kontrakan?

Tapi gue rasa jikalaupun ada urusan pribadi, masalah utang kontrakan dan bayar ongkos bus itu adalah 2 hal yang berbeda dan gue menganggap kalo tingkah ibu-ibu tadi adalah bibit-bibit nepotisme dalam skala kecil -kalopun dia bener kenal si supir, kalo enggak mah itu penipuan (-_-). Gimana kalo misalnya ada anak kecil yang denger percakapan tadi dan akhirnya dia belajar dan meniru kelakuan tersebut?

Gue tipe orang yang ga patuh-patuh amat ama peraturan tapi setidaknya gue nyoba ngikutin peraturan tersebut. Gue rasa mulai dari yang paling kecil kayak nyebrang di zebra cross, kalo naik motor jangan pernah naik trotoar gitu-gitu meskipun terkadang gue akui gue masih sering banget melanggar peraturan tersebut. Tapi gue paling ga suka orang yang kalo salah dibilangin malah nyolot -___- yah macem-macem  ibu-ibu tadi atau pengendara motor geblek yang sering gue temui di jalan. Jadi ayo mulai nyoba patuhi peraturan, mulai dari yang kecil-kecil dulu terus jangan pernah ngomong hal-hal yang tidak baik apalagi kalo ada anak kecil di sekitar kita :D

No comments:

Post a Comment